4 Kandungan Yang Dapat Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

 

Ada saat di mana Anda membutuhkan suplemen bagi tubuh, selain dari makanan sehari-hari. Saat-saat seperti ini misalnya:

  1. Anda mulai merasa tidak enak badan, terutama ketika mengalami penurunan nafsu makan.
  2. Anda merasa sehat tapi khawatir mengalami sakit karena di sekitar Anda banyak yang sedang sakit.
  3. Masa pemulihan dari sakit atau cedera.
  4. Aktivitas Anda meningkat, sehingga membutuhkan stamina yang baik.
  5. Perubahan pola makan, aktivitas sehari-hari atau lingkungan (termasuk polusi udara) yang mungkin membuat Anda terpapar pada kemungkinan stress.
  6. Anda memiliki penyakit menahun yang mengharuskan Anda mengonsumsi obat tertentu, yang dapat menurunkan penyerapan nutrisi dan sejenisnya. Kondisi kesehatan yang terganggu seperti hipertensi, diabetes, gangguan jantung, obesitas, kanker dan lain-lain, juga menyebabkan tubuh mengalami kondisi yang disebut stress oksidatif dan membutuhkan antioksidan.
  7. Sedang berpuasa.
  8. Merokok atau minum alkohol.

Dengan demikian Anda perlu mengetahui pilihan yang paling tepat untuk Anda. Dalam situasi seperti sekarang, ketika wabah menjadi ancaman kesehatan, kekhawatiran menimbulkan stress psikologis, ditambah lagi dengan kewajiban untuk berpuasa, kira-kira suplemen seperti apa yang Anda butuhkan? Berikut ini beberapa kandungan dalam suplemen yang dapat menjadi bahan pertimbangan Anda.

Vitamin C

Tentunya menjadi pilihan yang sangat umum namun memang bermanfaat dan tetap menjadi rekomendasi utama para tenaga kesehatan. Berapa miligram yang dibutuhkan sangat tergantung dengan kondisi. Bagi mereka yang tidak bermasalah dengan ginjal, saat ini cenderung dibutuhkan dosis yang lebih tinggi. Dosis 1000 mg/hari adalah jumlah yang memadai dan aman untuk dikonsumsi. Jangan lupa mengimbangi dengan asupan air yang cukup agar vitamin Anda dapat bekerja optimal.

Vitamin C merupakan antioksidan yang membantu menjaga fungsi sel tubuh. Apa maknanya? Ketika sel tubuh terjaga, artinya berada dalam kondisi prima, baik dalam bentuk maupun fungsinya. Jika itu adalah sel kulit, lebih tahan terhadap pengaruh lingkungan sehingga tidak mudah keriput dan terinfeksi. Sel tubuh bertahan sesuai standarnya, sehingga tidak membebani tubuh untuk memperbaiki/mengganti sebelum waktunya. Semua ini memerlukan energi tambahan dan akan membebani tubuh. Ini mungkin bisa menerangkan mengapa orang yang kesehatannya sering terganggu, stress, lelah, kurang tidur, merokok, terpapar sinar matahari berlebih, cenderung terlihat lebih tua dari usia sebenarnya? Dan seluruh tubuh manusia tersusun dari sel. Anda ingin menyehatkan tubuh, berarti sel-sel Andalah yang perlu disehatkan. Karena itu Anda perlu cukup vitamin C setiap harinya.

Epigallocatechin gallate (EGCG)

Nama ini mungkin agak asing, namun sebenarnya merupakan sesuatu yang telah sangat dikenal. EGCG adalah zat aktif utama dalam daun teh hijau. Banyak orang menyadari manfaat teh hijau, dan memanfaatkannya sejak puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu. Karenanya kemudian dari daun yang ditanam dengan baik, diambil bagian terbaik, kemudian diproses secara khusus, menghasilkan ekstrak EGCG ini. Apa saja manfaat EGCG yang telah dipelajari:

  1. Sebagai antioksidan yang serupa dengan vitamin C serta manfaat antiinflamasi yang diketahui mempunyai hubungan dalam pencegahan beberapa penyakit kronis seperti kanker, diabetes dan penyakit jantung.
  2. Selain melalui efek antioksidan, EGCG memelihara kesehatan jantung karena membantu mengendalikan faktor-faktor penyebab gangguan jantung seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.
  3. Beberapa penelitian memperlihatkan efek EGCG dalam membantu perbaikan sel saraf, terutama pada beberapa gangguan saraf otak seperti Alzheimer’s dan Parkinson’s.
  4. EGCG juga diketahui meningkatkan pembentukan adenosin trifosfat (ATP), yang merupakan sumber energi tubuh. Penelitian menunjukkan manfaat EGCG dalam kontraksi otot jantung.

Mengonsumsi EGCG secara rutin namun sesuai petunjuk, akan membantu Anda menjaga kesehatan tanpa perlu khawatir dengan efek samping. Namun seperti bentuk alaminya, EGCG tidak dianjurkan bagi wanita hamil untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi, di mana teh hijau secara umum mempunyai efek menurunkan penyerapan zat seperti folat, yang sangat penting pada masa kehamilan.

Zinc Picolinat

Secara umum zink memiliki manfaat untuk meningkatkan imunitas, mendukung kondisi kulit (termasuk mengurangi kecenderungan timbulnya jerawat), mata dan kulit. Zink adalah mineral terbanyak kedua setelah besi yang diperlukan oleh tubuh dari segi jumlah. Bentuk zink picolinat merupakan salah satu bentuk zink yang paling mudah diserap oleh tubuh, sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal oleh tubuh.

Taurine

Taurine atau asam 2-aminoetansulfonat merupakan zat yang banyak ditemukan di dalam jaringan mata, otot dan otak. Selain itu, seperti saat pertama kali ditemukan dan dikenali, taurine juga banyak terdapat di dalam empedu sapi (taurus adalah bahasa latin dari banteng atau lembu). Selain dikenal sebagai antioksidan, taurin diketahui juga membentu produksi energi dan membantu menjaga kesehatan jantung. Karena itu taurine sering ditambahkan dalam regimen terapi penderita penyakit jantung, terutama yang bersifat bawaan. Selain itu juga menjadi bahan pelengkap minuman berenergi.

Ada pendapat bahwa karena fungsinya yang menghasilkan tambahan energi justru dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan jantung. Namun seperti halnya segala manfaat yang ada pada obat atau suplemen lainnya, untuk mendapatkan manfaat optimal dapat diperoleh melalui cara bijak mengonsumsinya. Diketahui mengonsumsi taurine hingga 3000 mg/hari tidak memberikan efek samping dan aman.

Setelah mengetahui manfaat dari beberapa kandungan dalam suplemen di atas, Anda tidak perlu bingung untuk mendapatkannya. vipro-G adalah sediaan yang mengandung keempat manfaat secara lengkap, dengan formula yang diperhitungkan dengan cermat untuk memberikan manfaat optimal tanpa efek samping. Ikuti petunjuknya dan konsumsi sesuai dengan kebutuhan Anda.